Posted by : Unknown Senin, 22 September 2014

Tugas 3. Sikap Positif dan Negatif terhadap pancasila sebagai ideology terbuka
Sila Pancasila
NO
Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka
Sikap negative terhadap pancasila sebagai ideology terbuka





Sila 1 : Ketuhanan yang Maha Esa
1
Mayakini  terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa dengan  sifat-sifat-Nya Yang Maha Sempurna, Mahakasih, Mahakuasa, Maha adil, Maha bijaksana dan sifat suci lainnya
Tidak percaya terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa dengan segala sifat sifatnya

2
Takwa  terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
Tidak mau menjalankan semua perihtah Tuhanya dan selalu melakukan kesalahan

3
Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing
Sebagai umat beragama tidak menjalankan syariat agamanya dengan tertib dan baik

4
Memelihara kebersihan dan kemakmuran sarana peribadatan
Mengotori lingkungan sekitar









Sila 2 : Kemanusiaan yang adil dan beradab
5
Mengakui martabat manusia
Tidak mau mengakui martabat manusia

6
Menghargai sesama manusia
Meremehkan orang lain

7
Bersikap adil terhadap sesama manusia
Bersikap nepotisme dan lebih mementingkan satu pihak saja

8
Menjadi  manusia yang beradab yang memiliki daya cipta, rasa karsa, dan keyakinan sehingga jelas adanya perbedaan antara manusia dan hewan.
Bersikap yang semena mena dan tidak beradab tidak seperti sikap manusia yang luhur sebagai man mestinya

9
Mengakui  terhadap perbedaan suku bangsa (etnis) dan kebudayaan bangsa yang memberikan arah dalam pembinaan kesatuan bangsa
Mementingkan suku bangsanya sendiri tanpa mau melihat perbedaan sebagai arah yang positif dalam pemersatu bangsa

10
Menyaring budaya asing yang masuk dan disesuaikan dengan kepribadian bangsa
Menerima semua budya dari luar tanpa memilah-milah yang sesuai dengan pancasila

11
Menjadikan pancasila sebagai kepribadian bangsa
Menggunakan dasar/ideologi negara lain

12
Gemar melakukan kegiatan-kegiatan sosial,menyantuni fakir miskin/anak yatim
Acuh dan tidak mau memikirkan keadaan sekitar kita







Sila 3 :
Persatuan Indonesia
13
Bersatu demi menjunjung nama baik bangsa Indonesia
Tidak mau bersatu dan bergaul dan hanya bekerja dengan sendirinya saja

14
Meyakini bahwa kedaulatan Negara berada ditangan rakyat
Bersikap pasif terhadap adanya kedaulatan Negara

15
Rela berkorban demi bangsa
Apatis terhadap bangsa sendiri

16
Cinta tanah air
Membenci tanah air sendiri

17
Selalu mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi/golongan
Mendahulukan kepentingan golongan saja

18
Turut menjaga rasa kekeluargaan dan keharmonisan keluarga,lingkungan masyarakat,sekolah
Acuh dan tidak mau menjaga nama baik lingkunganya

19
Menggunakan produk dalam negeri
Suka membeli produk luar negeri

20
Mau bergaul dengan siapa saja tanpa membedakan SARA
Hanya bergaul dengan satu ras yang sama







Sila 4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilam
21
Musyawarah untuk mufakat dicapai dalam permusyawaratan  wakil-wakil rakyat.
Menyelesaikan masalah hanya sepihak saja dan tidak melalui jalur musyawarah

22
Memberikan hak dan kewajiban yang sama terhadap sesama manusia
Memberikan kewajiban yang berat tanpa adanya hak yang seimbang terhadap sesama manusia

23
Keseimbangan antara hak dan kewaji-ban, serta menghormati orang lain
Tidak mau menghormati dan bersikap melecehkan terhadap orang lain

24
Cinta akan kemajuan dan pembangunan
Selalu mengkritik terhadap kemajuan dan pembangunan

25
Turut serta melaksanakan dan mensukseskan pemilihan pemimpin organisasi,pengurus kelas,pengurus osis,RT,RW,Lurah/kepala desa,kepala daerah,presiden dll dengan jujur dan bertanggung jawab
Sombong dan sering GOLPUT jika ada pilihan pemimpin organisasi,pengurus kelas,pengurus osis,RT,RW,Lurah/kepala desa,kepala daerah,presiden dll

26
Bersikap kritis dan memiliki kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara supaya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Bersikap acuh tak acuh dan tidak peduli terhadap sekitar







Sila 5 :
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
27
Mengembangkan nilai luhur keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Mendiskriminasikan keadilan

28
Memberikan perilaku yang sama terhadap semua orang
Mendiskriminasikan sesame

29
Selalu berhemat dalam setiap penggunaan kebutuhan hidup
Boros dan sering menghambur hamburkan uang

30
Berupaya bekerja keras dalam setiap penyelesaian tugas/pekerjaan
Malas malasan dalam menyelesaikan masalah dan sering menunda nunda

31
Gemar menabung untuk kebutuhan hidup dimasa depan
Gemar menghambur hamburkan uang dan tidak mau menabung

32
Bertutur kata, berpenampilan dan berprilaku yang sederhana dan wajar
Berperilaku tidak sopan dan berpenampilan tidak sewajarnya

33
Mengembangkan semangat gotong royang dan kekeluargaan.
Tidak mau saling gotong royong dan acuh terhadap sesama







Tugas 4. Sebutkan 10 sikap positif saya terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka
1.      Saya setiap hari beribadah dengan tekun dan tertib
2.      Saya setiap hari berdoa sebelum berangkat ke sekolah
3.      Saya sebelum makan selalu berdoa dengan khidmat
4.      Saya sebelum berangkat ke sekolah selalu mencium tangan dan mengucapkan salam kepada orang tua saya
5.      Saya selalu membantu tetangga saya apabila tenaga saya dibutuhkan pada waktu itu
6.      Saya setiap hari belajar bersama adik saya dan jika adik saya membutuhkan bantuan saya saya selalu siap
7.      Saya dirumah selalu menghargai perbedaan pendapat dalam keluarga saya
8.      Saya suka menolong teman yang kesusahan
9.      Saya dirumah selalu berusaha untuk patuh dan tidak membantah orang tua saya
10.  Saya setiap hari selalu belajar dengan tekun
11.  Saya berusaha untuk menepati janji jika saya membuat janji tersebut
12.  Saya setiap hari senin selalu mengikuti upacara dengan tertib
13.  Saya selalu bersikap adil kepada siapapun dan dalam hal apapun
14.  Jika ada acara kelompok setelah pulang sekolah saya selalu memberi tahu kepada orang tua saya
15.  Saya selalu menghemat uang yang diberikan orang tua kepada saya
16.  Saya selalu memecahkan masalah dengan jalan musyawarah
17.  Saat ada acara pemilihan umum saya selalu menggunakan hak pilih saya dengan baik
18.  Saya selalu menyelesaikan tugas yang diberikan guru saya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab
19.  Saya selalu aktif dalam organisasi yang saya ikuti
20.  Saya selalu mau menerima kritik, saran dan komentar yang diberikan orang lain kepada saya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tugas Sekolah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -